Select Menu

Slider

Internasional

INTERNATIONAL

International

Travelling Mancanegara

Nasional

Story

Bussiness

Racing

Biografi

» » Lengkap: Suka Bermain Aplikasi Android atau Iphone? Ayo Cari Tau Tools Dan Game Enginenya
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Openrefer_Tahukah anda bahwa hampir seluruh pengguna mobile sangat senang menghabiskan waktu dengan aplikasi-aplikasi yang diunduhnya, baik itu game, chatting atau sekedar membaca berita.


Android merupakan sebuah sistem operasi dengan kernel Linux sebagai basisnya dan saat ini sedang dikembangkan oleh Google. Sejarah android juga dimulai sejak Oktober 2003 lalu, masih sangat muda dan bayangkan sekarang hampir seluruh pengguna gadget munggunakan sistem aplikasi ini.

Foto. Android Icon (HD)
Oke Guys, Openrefer kali ini berkesempatan untuk memberikan beberapa tools yang bisa anda pakai dalam membangun sebuah aplikasi Android (Bisa juga Iphone, Windows, Tizen, dll).

1. Tools Aplikasi Android dari Intel
Intel XDK adalah tool yang dipakai untuk membuat aplikasi di banyak platform, termasuk Android, dengan menggunakan HTML5. Tool ini mudah digunakan bagi pemula atau untuk yang sebelumnya pernah membuat aplikasi web dikarenakan kodingannya menggunakan bahasa HTML5.
    Tool ini Intel INDE menyediakan paket tool lengkap untuk pengembangan aplikasi Android di arsitektur Intel dan ARM serta aplikasi Windows di arsitektur Intel. Paket pengembangan aplikasi sudah termasuk IDE seperti Eclipse atau Visual Studio hingga tool seperti Android SDK dan Android NDK. Tool ini mungkin agak berat bagi pemula.
      Intel HAXM fungsinya untuk membantu memperlancar pengembangan aplikasi Android. Tool ini membuat emulator Android yang biasanya berat untuk dijalankan menjadi lebih optimal performanya.

      Ketiga Tools ini harus di donwload sekaligus karna masing-masing terintegrasi dalam suatu project pengembangan aplikasi.

      2. Toolls Aplikasi Android dari Google

      Android Studio adalah tool IDE (Integrated Development Environment) resmi keluaran dari Google  untuk pembuatan aplikasi Android. Di dalam Android Studio sudah tersedia editor kode, contoh kode, integrasi dengan GitHub dan banyak lainnya yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi Android
      Tool ini lebih berupa plugin dan membutuhkan Eclipse agar dapat digunakan oleh pengembang aplikasi Android. Namun saat ini Android Developer Tools perlahan-lahan ditinggalkan oleh Google dan dialihkan ke Android Studio. 
      Untuk Eclipse biasanya akan di arahkan untuk mendownload aplika SDK Manager sebagai tools tambahan developer dalam mengintegrasikan aplikasnya ke android.

      ada juga beberapa tools untuk level pemula lainnya yang bisa digunakan, seperti :

      _GameMaker Studio (download di sini)

      GameMaker memiliki versi standar maupun professional. Namun sayang versi standar sangat terbatas fitur-fitur yang dimilikinya sehingga apabila anda ingin fitur-fitur yang jauh lebih lengkap anda harus membeli GameMaker professional seharga $99.99 (saat tulisan ini dibuat sedang ada diskon 50%).

      _Construct 2 (download di sini)

      Construct 2 merupakan salah satu game engine yang cukup populer dengan teknik drag-and-drop-nya dimana kita tidak perlu memiliki pengalaman memprogram sebelumnya. Game engine ini merupakan game editor berbasis HTML-5 yang cepat dan mudah dipelajari untuk para pemula sehingga Construct 2 menjadi pilihan sempurna bagi orang-orang yang baru masuk ke dunia game development dan ingin membuat game pertama mereka.

      _GameSalad (download di sini)

      GameSalad juga merupakan game engine yang menargetkan pengguna yang belum memiliki pengalaman memprogram serta menggunakan sistem drag-and-drop. GameSalad cukup banyak digunakan dengan lebih dari 750.000 pengembang dan 200.000 game telah build.

      _Cocos2d-x (download di sini)

      Cocos2d-x merupakan produk open source sehingga anda dapat menggunakan semua fitur cocos2d-x sepuasnya sampai kapanpun tanpa dipungut biaya. Game yang dibuat dengan Cocos2d-x dapat dirilis ke iOS, Android, Windows Phone, HTML5, Windows, BlackBerry, dan Web.

      _Unity3D (download di sini) EXPERT 

      Unity tak hanya terkenal dikalangan pengembang game android, namun juga di PC dan beragam konsol seperti PS4, XBOX One, dan Wii U. Banyak game teratas dibuat dengan Unity contohnya saja Crossy Road dan Monument Valley : Forgotten Shores.

      Aplikasi ini sangat direkomendasikan karna dukungaan tutorial dan assets yang bisa digunakan untuk membangun game anda sendiri.

      _HTML5 Game Engine (download di sini)

      Sebagian besar game engine HTML5 dapat diekspor ke Android. Dengan demikian kita pun dapat membuat game Android dengan menggunakan HTML5. Ada banyak pilihan game engine HTML5 yang dapat kita pilih, diantaranya:
      • Phaser
      • EaselJS
      • pixi.js
      • melonJS
      • Quintus
      • LimeJS
      • Panda.js
      Foto. Inspector Android
      Demikian ulasan panjangnya, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin segera menjadi seorang developer.

      Good Luck


      About Otnia

      Kami memberikkan informasi apapun dengan harapan pengunjung openrefer bisa mendapatkan kepuasan
      «
      Next
      Posting Lebih Baru
      »
      Previous
      Posting Lama

      Tidak ada komentar

      Leave a Reply